Rabu, 13 Januari 2016

Bolehkah minum susu campur teh?

images

Bolehkah minum susu campur teh? susu dan teh keduanya merupakan sumber nutrisi dan antioksidan, namun studi menunjukkan bahwa pencampuran tersebut menghasilkan sejumlah efek negatif.

Memang Benar, teh memiliki sifat anti-diabetes dan meningkatkan kesehatan jantung. Tapi ketika ditambahkan susu, sifat anti-diabetes dan potensi antioksidannya berkurang.

Sebuah tim peneliti di Rumah Sakit Charite di Universitas Berlin di Jerman mengatakan susu juga menghilangkan efek protektif teh terhadap penyakit kardiovaskuler.
Para peneliti juga menemukan bahwa protein susu yang disebut kasein mengurangi efisiensi dari senyawa teh yang disebut catechin, yang melindungi jantung dari penyakit.

Bernadette Platon, seorang ahli diet klinis di Rumah Sakit UST, kata kasein adalah protein dari karbohidrat biasanya hadir dalam produk komersial seperti rendah lemak, full cream, dan susu instan. Tapi susu whey adalah sumber protein yang lebih disukai.
Menurut dia, protein whey lebih baik karena sumber melimpah dari asam amino yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan bahkan diabetes.

Sebuah studi dari Richard Anderson dan Marilyn Polansky dari Beltsville Human Nutrition Research Center di Amerika Serikat, menemukan bahwa menambahkan 50 gram susu per cangkir teh menurunkan aktivitas insulin sebesar 90 persen. Aktivitas insulin adalah tindakan suatu zat di mana glukosa darah (gula) tingkat pada manusia diturunkan. Ketika aktivitas insulin teh berkurang, perlindungan tubuh terhadap diabetes juga menurun.

Adapun potensi antioksidan teh, ulasan Carmen Cabrera dari University of Granada di Spanyol mengatakan minum susu dengan teh menurunkan potensi antioksidan, "tergantung pada kandungan lemak susu, Volume susu yang ditambahkan, dan metode yang digunakan untuk menilai parameter ini. "
Platon mengatakan, "kita tidak hanya melihat proporsi antioksidan teh susu, tetapi juga komponen total minuman."
Dia mengatakan antioksidan mudah hancur setelah terpapar zat yang berbeda. Proporsi susu, teh, gula, dan makanan lainnya (seperti tapioka, kopi, jelly dan nata de coco) juga harus diperhatikan, karena faktor-faktor ini juga dapat menurunkan jumlah antioksidan dalam teh.

"Cara menyiapkan teh susu juga dapat mempengaruhi dalam kerusakan antioksidan ini," tambahnya.
Berfokus pada manfaat kesehatan dari teh saja, Platon mengatakan bahwa teh kaya tannin, antioksidan yang membantu dalam mengatur elektrolit untuk menjaga sel dan organ fungsi normal dan mencegah risiko dehidrasi. Tapi terlalu banyak tannin dalam tubuh dapat mengurangi keseimbangan elektrolit, yang berbahaya bagi kesehatan.

Platon menambahkan bahwa meskipun susu merupakan sumber kalsium yang baik, tetapi kandungan kalsium akan berkurang ketika kopi atau teh ditambahkan.
"Minum susu teh baik untuk orang-orang yang baru bangun tidur, karena teh susu padat kalori. Menambahkan susu teh juga meningkatkan rasa dan meningkatkan semangat.

Susu & Teh, Kombinasi Yang Tidak Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar